Tujuan pembelajaran untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor

Tujuan pembelajaran untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sesuai dengan kompetensi dasar dan sandar kompetensi berdasarkan kurikulum 2013.
1.      Tujuan kognitif
·         C1 (Pengetahuan)
Setelah dijelaskan, siswa diharapkan mampu menyebutkan bunyi Hukum Archimedes
·         C2 (Pemahaman)
Setelah dipraktikumkan, siswa diharapkan dapat membedakan hubungan antara tegangan dan regangan.
·         C3 (Penerapan)
Setelah dijelaskan , siswa diharapkan mampu membaca skala pada micrometer sekrup
·         C4 (Analisis)
Setelah melakukan pengamatan, siswa diharapkan mampu menjabarkan bagian bagian micrometer sekrup beserta fungsi-fungsinya
·         C5 (Sintesis)
Setelah melakukan observasi ,siswa mampu membuat generator sederhana sebagai cas hp
·         C6 (Evaluasi)
Setelah menyelesaikan proses pembelajaran, siswa dapat membuat kritik dan saran yang membangun untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran fisika.
2.      Tujuan afektif
·         A1 (Penerimaan)
Siswa memerhatikan guru menjelaskan dengan baik dan cermat selama pembelajaran berlangsung
·         A2 (Responding)
Siswa mematuhi perintah guru untuk selalu berhati-hati saat praktikum dilaksanakan
·         A3 (Valuing)
Setelah selesai melaksanakan praktikum, siswa dengan cekatan membersihkan alat dan bahan yang digunakan
·         A4 (Organization)
Siswa mampu memformulasikan alasan kenapa ia setujudiadakan turnamen antar kelas
·         A5 (Characterization)
Siswa menghindari sikap plagiat dalam menulis karya ilmiah.
3.      Tujuan psikomotor
·         P1 (Meniru)
Siswa mampu mengikuti prosedur untuk menggunakan multimeter seperti yang dicontohkan oleh guru dengan baik dan benar
·         P2 (Manipulasi)
Dengan mengikuti petujuk yang tersedia dalam penuntun praktikum siswa dapat mengkalibrasikan multimeter dengan benar
·         P3 (Artikulasi)
Siswa dapat melakukan penggukuran massa dengan waktu 10 menit dengan menggunakan neraca ohaus
·         P4 (Ketepatan Gerak)
Untuk mengukur besar tegangan listrik siswa dapat menggunakan multimeter digital dengan batas ukur yang tepat
·         P5 (Naturalisasi)
Siswa dapat menggunakan voltmeter dengan baik dan benar.


Komentar

Postingan Populer