Tujuan pembelajaran untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor
Tujuan pembelajaran untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor
sesuai dengan kompetensi dasar dan sandar kompetensi berdasarkan kurikulum
2013.
1.
Tujuan kognitif
·
C1 (Pengetahuan)
Setelah dijelaskan, siswa diharapkan
mampu menyebutkan bunyi Hukum Archimedes
·
C2 (Pemahaman)
Setelah dipraktikumkan, siswa
diharapkan dapat membedakan hubungan antara tegangan dan regangan.
·
C3 (Penerapan)
Setelah dijelaskan , siswa
diharapkan mampu membaca skala pada micrometer sekrup
·
C4 (Analisis)
Setelah melakukan pengamatan, siswa
diharapkan mampu menjabarkan bagian bagian micrometer sekrup beserta
fungsi-fungsinya
·
C5 (Sintesis)
Setelah melakukan observasi ,siswa
mampu membuat generator sederhana sebagai cas hp
·
C6 (Evaluasi)
Setelah menyelesaikan proses
pembelajaran, siswa dapat membuat kritik dan saran yang membangun untuk
meningkatkan keefektifan pembelajaran fisika.
2.
Tujuan afektif
·
A1 (Penerimaan)
Siswa memerhatikan guru menjelaskan
dengan baik dan cermat selama pembelajaran berlangsung
·
A2 (Responding)
Siswa mematuhi perintah guru untuk
selalu berhati-hati saat praktikum dilaksanakan
·
A3 (Valuing)
Setelah selesai melaksanakan
praktikum, siswa dengan cekatan membersihkan alat dan bahan yang digunakan
·
A4 (Organization)
Siswa mampu memformulasikan alasan
kenapa ia setujudiadakan turnamen antar kelas
·
A5 (Characterization)
Siswa menghindari sikap plagiat
dalam menulis karya ilmiah.
3.
Tujuan
psikomotor
·
P1 (Meniru)
Siswa mampu mengikuti prosedur untuk
menggunakan multimeter seperti yang dicontohkan oleh guru dengan baik dan benar
·
P2 (Manipulasi)
Dengan mengikuti petujuk yang
tersedia dalam penuntun praktikum siswa dapat mengkalibrasikan multimeter dengan
benar
·
P3 (Artikulasi)
Siswa dapat melakukan penggukuran
massa dengan waktu 10 menit dengan menggunakan neraca ohaus
·
P4 (Ketepatan
Gerak)
Untuk mengukur besar tegangan
listrik siswa dapat menggunakan multimeter digital dengan batas ukur yang tepat
·
P5
(Naturalisasi)
Siswa dapat menggunakan voltmeter
dengan baik dan benar.
Komentar
Posting Komentar