SOAL DAN PEMBAHASAN PENGATAR PENDIDIKAN
1.apa pengertian
sifat hakikat manusia ?
Jawab
Sifat hakikat manusia diartikan sebagai
ciri-ciri karakteristik yang secara prinsip ( jadi bukan hanya gradual)
membedakan manusia dengan hewan.
2.apakah
pengaruh antara moral dan kata hati dalam pendidikan ?
Jawab
Antara moral dan pendidikan sangat
berpengaruh ,karena moral mempelajari
tentang pola tingkah laku manusia dalam menjalani hidupnya termasuk didalam
pendidikan , apabila seseoran telah mempunyai moral maka secara otomatis kata
hati akan selau sejalan dengan moral. Apabila tingkah laku /moral telah baik
,maka permasalahan dalam pendidikan itu pasti akan membaik.
3.bagaimana
pandangan anda tentang dimensi kesusilaan dalam pendidikan ?
Jawab
Dalam dimensi kesusilaan ,kesusilaan
yakni kepantasan yang lebih tinggi ,akan tetapi didalam kehidupan bermasyarakat
orang tidak cukup hanya berbuat yang pantas jika doidalam yang pantas
terselubung kejahatan .sehingga kita harus memperluas lagi arti pengetahuan
kita tentang kesusilaan .
4.dalam
pengembangan dimensi hakikat manusia ada dua pengembangan yang diterapkan sebut
dan jelaskan !
Jawab
v Pengembangan
yang utuh yaitu kualitas dimensi hakikat manusia itu sendiri secara potensial
dan kualitas pendidikan yang disediakan untuk memberikan pelayanan atas
perkembangannya
v Pengembangan
yang tidak utuh yaitu pengembangan yang terjadi apabila didalam proses
pengembangan ada unsur hakikat manusia yang terabaikan untuk ditangani
5.bagaimana sosok manusia yang seutuhnya
?
Jawab
Sosok
manusia indonesia seutuhnya telah dirumuskan di GBHN mengenai jangka panjang
,pembangunan itu tidak hanya mengejar kemampuan lahiriah ataupun kepuasan
bathiniah tetapi pembangunan itu berlandaskan cinta terhadap tanah air.
6. sebutkan apa saja batasan dalam
pendidikan yang berbeda atau berdasarkan fungsinya ?
Jawab
v Pendidikan
sebagai proses transformasi budaya
v Pendidikan
sebagai proses pembentukan pribadi
v Pendidikan
sebagai proses penyiapan warga negara
v Pendidikan
sebagai penyiapan tenaga kerja
7.bagaimana pandangan anda mengenai pendidika
sebagai pembentukan pribadi ?
Jawab
Disini
dalam konteks pendidikan pendidikan sebagai pembentukan pribadi ,pendidikan
mampu membentuk pribadi seseorang karena melalui pendidikan pribadi manusia
mengerti hakikat yang sebenarnya dan mampu mengarah manusia ke arah yang lebih
baik
8.apa tujuan pendidikan secara umum ?
Jawab
Tujuan
pendidikan secara umum memuat gambaran tentang nilai nilai baik,luhur,pantas
dan indah untuk kehidupan memberikan
arah dan sesuatu yang ingin dicapai seseorang
9.jelaskan unsur-unsur pendidikan ?
Jawab
·
Subjek yang
dibimbing(peseta pendidik)
·
Orang yang
membimbing (pendidik)
·
Interaksi antara
pendidik dengan peserta didik
·
Kearah mana
bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
·
Materi
pendidikan
·
Alat dan metode
·
Tempat dimana
peristiwa terjadi
10.bagaiman
dalam suatu sekolah tidak/kurangnya unsur unsur pendidikan seperti sarana dan
prasarana ?
Jawab
Kurangnya sarana dan prasarana disekolah
membuat siswa kurang aktif dan lebih bersifat guru sebagai pendidik sekaligus
menerangkan semuanya dan siswa kurang aktif , selain itu kekuranan sarana dan
prasarana membuat siswa lebih pasif ketika telah mencapai perguruan tinggi.
11. sebut dan
jelaskan landasan pendidikan yang kamu ketahui ?
Jawab
·
Landasan
filosofis adalah landasan yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan
yang berusaha menelaah masalah masalah pokok
·
Landasan
sosiologis adalah suatu proses interaksi antara dua individu , bahkan dua
generasi yang memungkinkan generasi muda memperkembangkan diri
·
Landasan kultural
adalah kebudayaan sebagai gagasan dan kaya manusia beserta hasil budi dan karya
itu akan selalu terkait dengan pendidikan
12.apa ciri
utama masyarakat sebagai kesatuan hidup ?
Jawab
·
Adanya interaksi
antara warga dan warganya
·
Pola tingkah
laku warganya diatur oleh adat istiadat ,norma norma , hukum Dll.
·
Ada rasa
identitas yang kuat yang mengikat pada warganya
13.tuliskan kebudayaan dalam arti luas
terkait dengan pendidikan ?
Jawab
·
Ideal seperti
ide ,gagasan ,nilai dan sebagainya
·
Kelakuan berpola
dari manusia dalam masyarakat
·
Fisik yakni
benda hasil karya manusia
14.apa pengaruh
iptek terhadap pendidikan dalam segi positif?
Jawab
Pengaruh iptek dalam pendidikan dalam
segi positif dengan majunya iptek maka pendidikan akan lebih mudah dipahami
oleh media media , aplikasi-aplikasi dan lebih mudah megakses informasi tentang
pendidikan
15.bagaimana
CBSA diterapakan dalam sekolah-sekolah smp?
Jawab
Kalau cbsa diterapkan dengan baik maka
seluruh sekolah sekolah yang memakai cara belajar ini mempunyai siswa siswa
yang bermutu tinggi , selain itu sekolah tersebut harus mempersiapakan tenaga
kerja yang profesional dan banyak pengalaman dalam pendidikan
16.bagaimana
karakteristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagai ciri masyarakat dimasa
depan ?
Jawab
·
Kecenderungan
globalisasi yang semakin kuat
·
Perkembangan
iptek yang semakin ketat
·
Perkembangan
arus globalisasi yang semakin padat dan cepat
·
Kebutuhan atau
tuntutan peningkatan layanan profesional
17.apa dampak negatif perkembangan globalisasi
terhadap pendidikan?
Jawab
Dampak
negatif perkembangan globalisasi terhadap pendidikan adalah segala sesuatu yang
terjadi karena adanya perkembangan globalisasi membuat siswa lebih cenderung
pasif ,malas malsam daripada belajar.contohya seoran guru memberikan tugas
mengetik otomatis seorang siswa terbiasa belajar tanpa menulis
18. bagaimana upaya pendidikan dalam
mengantisipasi masa depan ?
Jawab
Pendidikan
berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sangup menghadapi tantangan zaman
baru yang akan datang ,mempersiapkan generasi yang jujur dan berakhlak supaya
pendidikan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.
19. didalam aspek pendidikan dibagi
menjadi 3 aspek lagi ?
Jawab
·
Aspek kognitif
tentang objek yang sangat dipengaruhi oleh kemampuan individu
·
Aspek apektif
objek yang mempelajari tentang tingkah laku atau sifat
·
Aspek konatif
yang mendorong untuk bertindak sesuai sikap terhadap objek tersebut
20. bagaimana cara kita mengembangkan
sarana pendidikan ?
Jawab
Seperti
yang kita ketahui pendidikan merupakan pilar utama dalam mengantisipasi masa
depan karena pendidikan selalu diorentasikan pada penyiapan pada peserta didik
untuk berperang pada masa yang mendatang . oleh karena itu, pengembangan sarana
pendidikan merupakan persyaratan utama untuk menjemput masa depan dengan segala
kesempatan dan tantangannya
21. tuliskan dan jelaskan apa apa saja
bagian dari tripusat pendidikan ?
Jawab
·
Keluarga :
perkembangan kebutuhan dan aspirasi individu maupun masyarakat berawal dari
keluarga menyebabkan peran dari keluarga sangat penting terhadap pendidikan
·
Sekolah :
seperti yang kita ketahui sekolah merupakan sarana yang secara sengaja
dirancang untuk melaksanakan pendidikan , keluarga tidak mungkin lagi memenuhi
semua kebutuhan dan aspirasi individu tersebut
·
Masyarakat :
sebagai penyelenggara pendidikan baik yang dilembagakan (formal) atau yang tak
dilembagakan (non formal)
22. bagaimana pendapat anda mengenai
pendidikan non formal ?
Jawab
Pendidikan
non formal itu baik tetapi masih banyak kekurangan didalamnya sehingga anak
tidak bisa belajar dengan maksimal.biasanya pendidikan non formal tidak
mempunyai sarana dan prasarana yang memadai sehingga tidak maksimalnya pendidik
dalam meberikan ilmu
23. apa yang anda ketahui tentang tentang
pengajaran yang mendidik ?
Jawab
Pengajaran
yang mendidik yaitui pengajaran yang secara serentak memberi peluang pencapaian
tujuan instruksional dan tujuan tujuan umum pendidikan nasional lainya.
24.bagaimana peranan organisasi
keagamaan terhadap pendidikan ?
Jawab
·
Mengajarkan
keagamaan-keagamaan dan praktek keagamaan dengan cara memberikan pengalaman
yang menyenangkan bagi mereka
·
Mengajarkan
mereka tingkah laku dan prinsip prinsip moral yang sesuai dengan keyakinan
keyakinan agamanya
·
Memberikan model
model perkembangan watak
25.apa saja
pusat pendidikan yang berpeluang memberi kontribusi yang besar dalam kegiatan
pendidikan ?
Jawab
·
Pembimbingan
dalalm upaya pemantapan pribadi yang berbudaya
·
Pengajaran dalam
upaya penguasaan pengetahuan
·
Pelatihan dalam
upaya pemahiran keterampilan
26.menurut anda,
apa perbedaan yang medasar antara jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan
luar sekolah
Jawab
·
Jalur pendidikan
sekolah merupakan pendidik yang diselenggarakan disekolah melalui kegiatan
belajar mengajar secara berjenjang dan bersinambungan
·
Jalur pendidikan
luar sekolah merupakan pendidikan yang bersifat kemasyarakatan yang
diselenggarakan diluar sekolah melalui kegiatan belajar mengajar yang tidak
berjenjang dan tidak bersinambungan.
27. bagaimana pandangan
anda tentang program pendidikan luar biasa ?
Jawab
Saya setuju dengan pemerintah ,program
pendidikan luar biasa yang disediakan oleh pemerintah untuk memberi
pembelajaran untuk peserta didik yang menyandang kelainan fisik /mental masih
tetap bisa memperoleh pendidikan .
28.bagaimana
pandangan anda tentang kurikulum yang diterapkan di indonesia sekarang ?
Jawab
Seperti yang kita ketahui kurikulum yang
kita terapkan di indonesia sekarang adalah kurikulum k-13.Pandangan saya
mengenai penerapan kurikulum k-13 belum maksimal karena sekolah sekolah yang
terpencil belum tersentuh k-13 yang dikeluarkan oleh pemerintah , pemerintah
harus melakukan pemerataan terhadap tenaga kerja yangf profesional.
29.mengapa
sistem pendidikan harus dibangun ?
Jawab
Karena sistem pendidikan indonesia itu
belum sempurna sehingga perlunya penyempurnaan itu harusdibangunnya sistem
pendidikan
30. jika anda
menjadi seoran pendidik , apa upaya andauntuk memajukan sistem pendidikan yang
ada diindonesia ?
Jawab
Upaya untuk memajukan sistem pendidikan
dengan melatih guru yang berpotensi/profesional dalam mengajar ,membentuk
karakter/pribadi anak dan menciptakan lingkungan yang bersahabat.
Komentar
Posting Komentar